Praktik Baik Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran TERPADU pada Bab Persamaan Kuadrat
I. Laboratorium Maya Salah Satu Fitur Utama pada Portal Rumah Belajar
Laboratorium Maya pada portal Rumah Belajar kemdikbud merupakan software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi. Fitur laboratorium maya sangat membantu untuk memvisualkan percobaan-percobaan yang biasa dilakukan dalam ruang laboratorium. Bisa dikatakan jika laboratorium maya merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium riil yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah guna menekankan sebuah konsep atau mendalami sebuah konsep-konsep tertentu.
Simulasi pada laboratorium maya merupakan program komputer yang mereproduksi fenomena alam melalui visualisasi dari sebuah model, manfaat dari simulasi ini diantaranya:
- Membantu siswa dalam mempelajari model fenomena alam dalam dunia nyata yang memiliki perilaku sistem kompleks
- Membantu peserta didik untuk memahami dunia konseptual dari ilmu pengetahuan melalui animasi, yang dapat meningkatkan pemahaman dari konsep ilmiah yang abstrak.
II. Pendekatan Pembelajaran Terpadu
Sekolah islam terpadu juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif atau Psikomotorik. Pendekatan Pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan TERPADU, TERPADU adalah akronim dari Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasi, Aplikasikan, Duniawi dan Ukhrowi, uraian dari akronim tersebut adalah sebagai berikut:
- Telaah adalah mengkaji konsep- konsep dasar materi. Pada tahap telaah adalah awal menghantarkan siswa memasuki pokok bahasan bahasan atau materi yang akan dipelajari
- Ekplorasi adalah melakukan aktifitas menggali pengetahuan melalui beragam metode dan pendekatan pembelajaran
- Rumuskan adalah tahapan menyimpulkan hasil eksplorasi dengan berbagai bentuk penyajian.
- Presentasikan merupakan tahap dimana siswa menyampaikan hasil pengamatandan simpulan berdasarkan hasil kegiatan eksplorasi.
- Aplikasikan, yaitu menggunakan hasil pembelajaran yang didapat untuk memecahan masalah dan menghubungkannya dengan bidang yang relevan.
- Duniawi artinya menerapkan hasil pembelajaran yang didapat dengan kehidupan nyata.
- Ukhrowi yaitu menerapkan hasil pembelajaran yang didapat sebagai bentuk Ibadah.
III. Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran TERPADU pada materi Persamaan Kuadrat kelas IX
Berikut adalah tahapan/sintaks praktik baik pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan fitur laboratorium maya melalui pendekatan pembelajaran TERPADU
- Telaah : Guru menampilkan gambaran parabola yang terdapat di lingkungan sekitar dengan menampilkan slide dan meminta langsung siswa mengamati kubah mesjid dan bentuk kilang LNG Badak yaitu berbentuk parabola.
- Eksplorasi : Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar, kemudian mengajak siswa mengeksplor laboratorium maya untuk menyelesaikan masalah yang terdapat pada kertas kerja yang dibagikan guru.
- Rumuskan : Siswa menuliskan hasil temuannya atau hasil percobaannya pada kertas kerja yang diberikan oleh guru
- Presentasikan : Perwakilan siswa maju uruk menyampaikan hasil eksplorasi dalam kelompok belajar mereka.
- Aplikasikan : Siswa mencoba mengerjakan soal-soal yang terdapat pada laboratorium maya.
- Duniawi dan Ukhrowi : Guru menyampaikan nasihat atau pesan untuk senantiasa berbuat baik. Jika diibaratkan sebuah fungsi maka diri kita juga merupakan fungsi yang mana jika kita terbiasa melakukan hal yang baik secara tidak langsung kita membentuk diri kita menjadi pribadi baik.
Pada kegiatan penutup guru bersama siswa membuat kesimpulan materi hari ini, guru menyampaikan rencan kegiatan selanjutnya dan kelas ditutup dengan doa setelah selesai belajar.
0 Response to "Praktik Baik Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran TERPADU pada Bab Persamaan Kuadrat"
Posting Komentar