KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) itu gimana sih?
Ada yang bertanya kenapa diberbagai sekolah berbeda-beda ya?
Ya… hal tersebut karena KKM di tentukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan memperhatikan 3 hal yaitu;
1. Intake siswa (kemampuan rerata siswa),
2. Kompleksitas (tingkat kesukaran indicator KD yang tertuang pada mata pelajaran), dan
3. Daya dukung (sarana prasarana, kondisi lingkungan belajar dll yang mendukung belajar siswa)
Meskipun dengan KKM berbeda-beda antar sekolah nilai predikat yang sering kita lihat pada rapot anak A, B, C atau D, memiliki aturan yang sama dengan perhitungan tertentu.
Contoh saya misalkan di sekolah saya untuk pelajaran matematika KKM nya adalah 75, maka perhitungan untuk kelas predikatnya adalah;
Nilai C (Cukup) dimulai dari 75, predikat diatas Cukup adalah Baik dan Sangat Baik dan dibawah Cukup adalah D (Kurang).
Panjang interval nilai dapat ditentukan dengan cara;
(Nilai maksimum – nilai KKM) : 3
Ya… hal tersebut karena KKM di tentukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan memperhatikan 3 hal yaitu;
1. Intake siswa (kemampuan rerata siswa),
2. Kompleksitas (tingkat kesukaran indicator KD yang tertuang pada mata pelajaran), dan
3. Daya dukung (sarana prasarana, kondisi lingkungan belajar dll yang mendukung belajar siswa)
Meskipun dengan KKM berbeda-beda antar sekolah nilai predikat yang sering kita lihat pada rapot anak A, B, C atau D, memiliki aturan yang sama dengan perhitungan tertentu.
Contoh saya misalkan di sekolah saya untuk pelajaran matematika KKM nya adalah 75, maka perhitungan untuk kelas predikatnya adalah;
Nilai C (Cukup) dimulai dari 75, predikat diatas Cukup adalah Baik dan Sangat Baik dan dibawah Cukup adalah D (Kurang).
Panjang interval nilai dapat ditentukan dengan cara;
(Nilai maksimum – nilai KKM) : 3
jadi untuk KKM 75 perhitungannya adalah
(Nilai maksimum – nilai KKM) : 3 = (100-75) : 3 = 8,3.
Panjang interval nilainya ketemu 8,3, sehingga panjang interval setiap predikat adalah 8 atau 9.
Karena panjang interval setiap predikat adalah 8 atau 9 dan terdapat 4 macam predikat, yaitu A (sangat Baik), B (Baik), C (Cukup) dan D (Kurang).
Untuk KKM 75 intervalnya dan predikatnya adalah sebagai berikut,
93 – 100 A (Sangat Baik)
84 – 92 B (Baik)
75 – 83 C (Cukup)
< 75 D (Kurang atau perlu dimaksimalkan)
Pada contoh diatas, Panjang interval untuk predikat C dan B yaitu 9, sedangkan A Panjang intervalnya 8.
Jadi, kriteria tiap sekolah bisa berbeda-beda ya, jika kita menemukan di rapot mata pelajaran matematika nilai 75 tertulis C, kemudian dirapot yang berbeda tertulis B atau D, hal tersebut berarti nilai KKM mata pelajarannya juga berbeda.
Kenapa harus ada KKM, berikut fungsi diadakannya KKM di satuan pendidikan /sekolah;
1. Sebagai acuan guru untuk menilai kompetensi siswa yang diajarnya
2. Sebagai acuan siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti pelajaran.
3. Sebagai bagian komponen evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan disekolah
4. Sebagai kontrak pedagogic antara pendidik dengan peserta didik dan satuan Pendidikan dengan masyarakat
5. Merupakan target sekolah/guru dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.
Demikian semoga mencerahkan bapak/ibu atau orang tua yang masih bingung dengan KKM itu apa sih.
Panjang interval nilainya ketemu 8,3, sehingga panjang interval setiap predikat adalah 8 atau 9.
Karena panjang interval setiap predikat adalah 8 atau 9 dan terdapat 4 macam predikat, yaitu A (sangat Baik), B (Baik), C (Cukup) dan D (Kurang).
Untuk KKM 75 intervalnya dan predikatnya adalah sebagai berikut,
93 – 100 A (Sangat Baik)
84 – 92 B (Baik)
75 – 83 C (Cukup)
< 75 D (Kurang atau perlu dimaksimalkan)
Pada contoh diatas, Panjang interval untuk predikat C dan B yaitu 9, sedangkan A Panjang intervalnya 8.
Jadi, kriteria tiap sekolah bisa berbeda-beda ya, jika kita menemukan di rapot mata pelajaran matematika nilai 75 tertulis C, kemudian dirapot yang berbeda tertulis B atau D, hal tersebut berarti nilai KKM mata pelajarannya juga berbeda.
Kenapa harus ada KKM, berikut fungsi diadakannya KKM di satuan pendidikan /sekolah;
1. Sebagai acuan guru untuk menilai kompetensi siswa yang diajarnya
2. Sebagai acuan siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti pelajaran.
3. Sebagai bagian komponen evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan disekolah
4. Sebagai kontrak pedagogic antara pendidik dengan peserta didik dan satuan Pendidikan dengan masyarakat
5. Merupakan target sekolah/guru dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.
Demikian semoga mencerahkan bapak/ibu atau orang tua yang masih bingung dengan KKM itu apa sih.
0 Response to "KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) itu gimana sih? "
Posting Komentar